Jumat, 08 Maret 2013

Nomenclatur dan Definisi Konstruksi Pesawat Terbang

Gambar dibawah ini menunjukkan sebuah pesawat terbang ringan dengan sejumlah bagian-bagiannya dan gambar dibawah memperlihatkan foto yang dilengkapi neme-neme tambahan guna menunjukkan bagian-bagian pesawat yang lebih modern dan lebih besar.

Definisi-definisi yang diberikan dibawah ini dimaksudkan sebagai referensi yang tepat bagi komponen-komponen pesawat terbang serta hubungan diantara komponen-komponen tersebut.

Pesawat terbang ringan dengan beberapa komponen


Pesawat terbang lebih modern dengan beberapa komponen

  1. Aileron adalah salah satu di alat control surface yang dapat digerakkan.
  2. Angel of Inciden adalah suatu sudut yang terletak diantara tali penghubung air foil dan poros batang pesawat.
  3. Angle of Stabilizer setting adalah sudut pengimbang untuk pengimbang vertikal maupun horizontal.
  4. Angle of Sweep adalah sudut penyapu atau suatu sudut yang terletak diantara garis referensi yang terdapat didalam air foil.
  5. Balance Control Surface adalah kontrol keseimbangan permukaan.
  6. Balance Tab adalah suatu tab untuk keseimbangan permukaan.
  7. Boom adalah sebuah tabung biasanya terdapat pada helicopter sebagai penyangga tail rotor.
  8. Bulkhead adalah suatu struktur vertikal untuk memindahkan struktur beban pada fuselage.
  9. Canard adalah Konfigurasi dari aircraft yang terdapat di depan wing.
  10. Cantilever adalah pengangkat atau bagian penyangga.
  11. Cordline adalah bagian tengah atau garis pusat dari sayap
  12. Cockpit adalah daerah tempat pilot
  13. Control Cable adalah Kabel yang menghubungkan control lever dengan control surface
  14. Control stick adalah tongkat untuk menggerakkan control surface
  15. Control surface adalah pengontrol keseimbangan, ketinggian atau arah dari pesawat pada saat terbang
  16. Dihedral angle adalah sudut antara sumbu wing dari pesawat
  17. Drag strut adalah untuk menahan drag atau gaya anti drag
  18. Elevator adalah membantu gerakkan air foil yang dirancang untuk mengontrol ketinggian dan angle of attack dari wing
  19. Elevons control surface adalah yang melayani fungsi dari elevator dan aileron
  20. Fairing adalah sebuah part yang mempunyai streamline yang halus (anti turbulensi)
  21. Fin adalah vertikal stabilizer
  22. Fire wall adalah dinding penahan api dari engine compartment
  23. Flap adalah terletak pada trailing edge dari wing untuk menambah gaya angkat
  24. Frame adalah struktur vertikal penyangga stringer dan skin dari kayu atau metal untuk membentuk fuselage
  25. Fuselage adalah bagian utama atau pusat struktur terberat dari pesawat terbang
  26. Horizontal Stabilizer adalah untuk mempertahankan stabilitas dari pesawat terbang.
  27. Horn adalah dongkrak pendek dipasang untuk control surface
  28. Inspection door adalah pintu kecil khusus untuk pemeriksaan bagian dalam dari pesawat terbang
  29. Juri strut adalah pembantu penyangga pada strut utama
  30. Landing gear adalah struktur bawah dari air craft untuk mendukung berat dari pesawat, bisa juga dikatakan a lighting gear atau undercarriage
  31. Leading edge adalah bagian depan dari air foil
  32. Longeron adalah bagian dari rangka pesawat terbang
  33. Main rotor adalah terdapat pada helicopter digunakan untuk membangkitkan gaya angkat
  34. Nose wheel adalah roda yang dipasang dibagian kepala untuk menyangga berat kedepan
  35. Plating adalah kulit dari metal biasa berbentuk tirus untuk menutup wing dan part lainnya
  36. Rudder pedal adalah pedal yang terdapat pada cockpit untuk mengoperasikan ruder
  37. Rudder adalah untuk mengontrol pesawat terbang apabila yawing
  38. Shock absorber adalah bagian yang dibuat untuk mengurangi beban kejut selama landing dan take off
  39. Skid adalah type dari landing gear dibuat dari pipa, biasanya dipasang pada helicopter
  40. Slat adalah sebuah air foil pembantu, dipasang pada leading edge, untuk merubah aliran udara pada angle of attack.
  41. Slot adalah untuk mengarahkan aliran udara yang melewati permukaan.
  42. Span adalah jarak maksimum yang diukur sejajar ke lateral axis, dari ujung ke ujung permukaan wing atau stabilizer
  43. Spar adalah struktur utama bagian dari wing, stabilizer, rotor, atau permukaan aerodinamic lainnya
  44. Spinner adalah fairing yang berbentuk parabola dipasang pada propeller
  45. Spoiler adalah dipasang diujung permukaan air foil, untuk mengurangi rolling
  46. Stabilator adalah kontrol permukaan horizontal untuk melayani stabilizer dan elevator
  47. Stabilizer adalah sebuah pengatur untuk meningkatkan stabilitas pesawat terbang
  48. Stringer adalah Struktur memanjang dari rangka pesawat, terletak antara rangka dan tulang-tulang untuk kekuatan pada kulit pesawat
  49. Strut adalah sebuah kail pendukung yang menahan tekanan dari beban seperti antara wing dan fuselage
  50. Tail rotor adalah rotor kecil yang dipasang pada poros di tail helicopter untuk mengimbangi beban puntir dari rotor utama
  51. Tail wheel adalah roda yang dipasang pada bagian ekor, untuk mendukung bagian ekor dari tanah
  52. Trailing edge adalah bagian belakang dari air foil
  53. Trim tab adalah sebuah tab yang berdempet pada trailing edge air foil dipakai untuk membantu pengoperasian control surface
  54. Wing Rib adalah bagian sumbu dari wing, yang digunakan untuk membentuk wing dan memindahkan beban dari tutup permukaan ke spar.
  55. Wing Spar adalah bagian utama untuk menjangkau pengerasan bagian struktur dari sayap
  56. Wing Tip adalah bagian ujung sebelah luar dari wing
http://dian-purna.blogspot.com/2011/08/nomenclatur-dan-definisi-konstruksi.html

1 komentar: