Jumat, 08 Maret 2013

Definisi Pesawat Terbang


 Pesawat terbang adalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di udara/ atmosfir. Yang mengendarai pesawat terbang dinamakan pilot serta dibantu oleh pramugari. Pesawat terbang diterbangkan pertama kali oleh Wrigh bersaudara. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas.
Jenis-jenis pesawat terbang menurut desain ada 4 (empat) yaitu :
1. Balon udara
2. Kapal Udara
3. pesawat bersayap tetap
a. Pesawat bersayap Satu
- Pesawat bersayap delta
- Pesawat bersayap lipat
- Sayap terbang
b. Pesawat bersayap dua
c. Pesawat bersayap tiga
  4. Pesawat bersayap putar
 - Helicopter
 - Autogiro
Berdasarkan propulsi pesawat terbang terdiri dari :
- pesawat terbang layer (gilder)
- pesawat bermesin piston
- pesawat bermesin turbo popular
- pesawat bermesin turbo jet
- pesawat bermesin turbo fan
- pesawat bermesin ramjet
Berdasarkan penggunaannya adalah terdiri dari
 - pesawat eksperimental
 - pesawat penumpang sipil
 - pesawat angkut
 - pesawat militer

2. Latar Belakang Pesawat Terbang
 Pesawat terbang ditemukan oleh Abas bin Karnas, sejak hegemoni kebangkitan barat atas islam saat perang salib. Semua sejarah dibalik dan ditutupi, tapi sebenarnya orang Islamlah yang mempelopori pesawat terbang. Ini ditemukan oleh Lukman Harun saat berkunjung ke akntor mukhtamar Alam Islam. Yang ia temukan adalah sebuah ilustrasi karya Woodville, disurat kabar trsebut terlihat insinyur muslim Abas Bin Karnas. Pada saat itu ia sedang memperlihatkan model pesawat terbang, namun sayang, saat demonstrasi pesawat ciptaan Abas bin Farmas tersebut menabrak bukit, namun anehnya dalam sejarah kedirgantaraan tak tercatat nama Abas bin Karnas padahal ia adalah konseptor, perancang, sekaligus pembuat pesawat terbang. Dalam buku Respone A taut yang tercatat hanya nama Leonardo Da Vinci. Padahal jauh sebelumnya orang Islam pernah ada yang terbang seperti Leonardo, tapi saying orang tersebut lupa membuat ekor dan waktu turun lupa untuk mengendalikan diri, akibatnya pesawat temuan Abas Bin Karnas pernah diperlihatkan kepada Khalifah Kordova
3. Tujuan
 Tujuan membuat pesawat terbang melalui kertas origami adalah supaya anak dilatih untuk menggerakkan koordinasi motorik halus, sekaligus untuk memperkenalkan kepada anak tentang pesawat terbang dn juga dapat menambah kreativitas anak serta mengembangkan pola piker anak agar lebih luas dan lebih memahami tentang pesawat terbang.

http://wwwsofia-lantasia.blogspot.com/2009/11/definisi-pesawat-terbang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar